Kamis, 12 Juni 2014

Pre Trip ke Pakistan (Tiket dan Visa)

Dan Akhirnya gue kembali blog......

Alkisah, gue berselancar di internet mau liburan kemana bulan juni ini (macem kaum jetset anak menteri gue). Tiba-tiba gue mengetik lah di google pakistan. Amboyyyy Negara ini indah juga ya! Terlepas dari pemberitaan negatifnya ini, gue beranikan diri untuk pergi ke Pakistan. Gue hubungilah temen-temen gue yang ada di Pakistan, mulai dari karachi, lahore, rawalpindi, hingga Islamabad (Gue anak AIESEC coy temen-temennya global semua heheheh). Setelah mendapat kepastian gue akhirnya memuali memburu tiket.

1. Tiket Pesawat
Berburu tiket pesawat laksana berburu kucing di samudra atlantik, ga nemu-nemu. Gue carilah penerbangan termurah yang bisa gue jangkau (secara backpacker gayanya). Karena gue sudah berpengalaman (tsaaahhhhhh) gue ga mungkin cari pesawat dari Jakarta terbang ke pakistan karena harganya pasti mencekik mata gue karena harganya sama kayak gue terbang ke yurop aka Eropa. Lihat-lihat dan membandingkan harga dan servis yang ditawarkan munculah pilihan untuk terbang dari Singapura, Kuala Lumpur, atau Bangkok.

Gue akhirnya menggunakan situs pencari tiket pesawat terdashyat, skyscanner.co.id. Gue berhasil mengumpulkan data dan harga termurah yang ditawarkan bulan juni adalah sebagai berikut
1. KL-Karachi paling mure gue dikasih 3.9 juta naik Sri Lankan Airlines transit di Kolombo
2. Singapura- Karachi ditaksir 3.7juta sama srilankan airlines, transit sehari di kolombo (ini gue sebenarnya pengen banget, secara gue udah cinta mati 2.0 sama Sri Lanka heheh)
3. Bangkok-Karachi 2.1 juta dengan maskapai yang sama juga, transit di kolombo cuma 2 jam (gue nyari yg transit hingga berhari-hari ga nemu, atau emang gue yang ga tau).

Tau kan hasilnya pilih yang mana? Yaph gue pilihlah penerbangan dari Bangkok terbang dari Suvarnabhumi ke Karachi transit di Bandaranaike di Kolombo. Kemudian gue bingung beli tiket Jakarta ke Bangkok naik apa, dan gue akhirnya berhasil mendapatkan harga 612ribu pakai Thai LionAir dan membuat gue bisa jalan-jalan di Bangkok seharuian penuh + bermalam di bangkok di rumah temen gue (sukanya cari gratisan).

Akhirnya sudah tercapai gue mandapatkan tiket pesawat menuju Pakistan dan gue langsung bayar saja tuh tiket (tanpa basa-basi ga tau kalo bisa jadi visa gue ditolak). Setelah pesan tiket (itu pesennya sekitar 3 minggu sebelum berangkat), gue bingunglah ngurus Visa. Karena gue ngelihat tidak mudah juga mengurus visa ke pakistan (berasa gue ikutan Indonesian Idol), dan juga pasti ga ada info mengenai pelamaran visa pakistan.

2. VISA PAKISTAN
 Inilah hal yang membuat gue setres (tapi ga se-setres gue mikirin skripsi gue yang ga jadi-jadi). Cari ke seluruh google mengenai lamaran visa ke pakistan, baik bahasa Indonesia, inggris, jawa, russia, tiongkok, thai, bahkan bahasa kalbu geu cari tidak juga mampu menjelaskan bagaimana cara membuat visa pakistan (Atau mungkin otak gue ga mampu menerjemahkan informasi-informasi tersebut).

Beranilah gue telpon kedutaan pakistan. Secara umum ini dia hasil pembicaraan gue dengan pihak kedutaan pakistan. Telepon terjadi sekitar pukul 2 siang di kosan gue di depok.

(G) gue, (E) kedutaan
tuttt... tuttttt... tuttt (telepon berdering)
E: Pakistan embassy, what can I help?
G: Mbak saya mau nanya tentang visa (langsung gue tembak pake bahasa Indonesia, enak aja tinggal di jakarta pakai bahasa inggris)
E: Oh sebentar saya sambungkan ke bagian Konsular ya! (Eh ternyata mbaknya orang Indonesia)
E: Haloo....
G: Hello sir. I want to apply visa to pakistan. What the documents I need to submit
E: JEBFWBCJWBCCBAKJBCOWUFGJACB (Pake bahasa inggris yang cepet banget dengan aksen Pakistan yang kental yang ga gue paham, inggris amerika aja yang sering gue denger masih ha ha he he, apalagi kayak gini)
G: Sorry sir?
................................................. end

Pokoknya tuh percakapan pakai bahasa inggris panjang. Intinya ini nih yang dibutuhkan buat apply visa ke pakistan

1. FC Kartu Keluarga
2. Foto 4X6 latar belakang putih 2 lembar saja (kalo mau kasih foto 4R juga boleh kayaknya)
3. SKCK (pas gue telpon ga dikasih tau, tapi pas datang ke kedutaan suruh melampirkan tapi gue tolak karena gue telpon ga disuruh ngasih, terus gue bilang gue ngeyel ga bisa ngasih, akhirnya mas-mas resepsionis ngalah)
4. Rekening koran kalau kita yang membiayai perjalanan kita sendiri (Gue sih cuma pake rekening tabungan, ga tau berapa nominalnya, tapi yg ada di tabungan gue itu 10juta, duit umat alias pinjem banyak temen biarr ngendap banyak pas diprint buku tabungan)
5. Ini nih yang paling penting SURAT UNDANGAN. Surat Undangan bisa diperoleh melalui PTDC (Pakistan Tourism Development Center, kalo ga salah singkatannya itu), Jadi kita harus kontak mereka pesen hotel dan tour dari mereka (itu yang direkomendasiin sama kedutaan), atau kalau kita punya teman kita bisa minta buatin surat Undangan (tapi harus bener-bener detail dan bakal ditanya banyak banget). Kalau ga punya temen orang sana dan ga mau pake tur, bisa pake pihak ketiga buat ngirim surat undangan. gue emails alah satu agen trekking terkemuka pakistan dan dibalas bahwa gue bisa dpat surat undangan seharga 75 USD (whadddd/?? mahal bener) gue email ke LOST HORIZON Trek, langsung dibalas dan katanya surat udangan bakal dikirim 2x24jam setelah transfer, dan ini reliable kok berdasarkan lonely planet sih.
5. Itinerary (ini sih gue yang bikin biar kedutaan tau kemana aja gue bakal pergi, gue tulis kota-kota yang ama aja, walaupun belum tentu gue kesana, yang penting bikin aja)

bagaimana dengan TIKET PESAWAT?? Dan MEREKA TIDAK MENANYAKAN ITU , tetapi gue lampirkan. Gue Apply Visa-nya 2 minggu sebelum pesawat gue. DAN MEREKA BILANG GA JANJI BAKAL ISSUE VISA GUE. dan gue dengan ga tau malunya bilang "pliss grant me a visa before my flight, my ticket is confirmed already). Mungkin karena gue sudah punya tiket pesawat jadi mereka kasihan kali ya ga mau kasih visa ke gue.


selesai dong masalah? Oh tidakkkk, masalah kembali muncul sodara-sodara!!!!!
SURAT UNDANGAN GUE DITOLAK SAMA PETUGAS NAMANYA M. NAVEED. Itu pihak kedutaan Pakistan ya (sorry i mentioned your name). Beliau bilang ga bisa nerima sembarang Surat undangan kalo dia ga jelas punya rumah apa enggak (secara temen gue adalah mahasiswa yang masih punya orang tua) dan mereka bilang suruh orang tuanya yang bikin. JREEEENGGGGG Keringat dingin gueeeee! seperti lagunya Demi Lovato gue, FROZEN HEART ATTACK! Terus gue juga ditanya-tanyai ga penting, mulai dari kenapa gue punya duit lah, mahasiswa kok jalan-jalan mulu, passport gue yang udah banyak cap-nya lah, hampir 45 menit gue ditanya-tanya ga jelas. Akhirnya si Bang Naveed tadi ngasih emailnya ke gue suruh ngirim Surat Undangan ke email beliau. Gue sih OK2 aja. Pulang lah gue dari kedutaan pakistan dengan wajah merenung.

Langsung gue hubungin temen gue dan jelasin masalah ini, dan DIA GA BISA BANTU BIKIN DARI BOKAPNYA. Langsung kalap gue ga tau lagi mau gimana, gue akhirnya email si Lost Horizon trek tadi buat bikin suratnya. Gue ada teman yang lain di Pakistan yang ude kerja, gue suruhlah dia bikin. dan akhirnya mau deh. 

Gue 2 hari kemudian ke kedutaan, nyampe kedutaan jam 11.50 dan kedutaan akan tutup jam 12. gue kasihlah itu surat undangan (ga lewat email males gue), ada mas-mas resepsionis kedutaan gue kasih lah itu. Langsung dia bikin kertas secarik tulisan harus bayar senilai 625rb untuk visa (whattt MAHAL BENERRR) dan harus dibayar hari itu juga di BANK DANAMON THE EAST PLAZA Mega Kuningan. Gue larilah ke ke EAST Plaza karena takur keburu tutup. Gue sampe di sana pukul 11.28 dan untung masih buka, gue nulis semua bayar deh kesana. gue dapat bukti terima gue lari lagi ke kedutaan sampe kedutaan pukul 12.09 dan sudah istirahat. gue titip ke pak satpamnya dan gue pulang (di suruh ambil 3 hari kerja kemudian, oiya hari libur kedutaan pakistan 3 HARI LOH, JUMAT SABTU MINGGU  enak bener)

OIYA KALO UDAH SURUH BAYAR BERARTI VIS AKITA 100% BAKAL DITERIMA.
Gue kesana lagi, visa diambil pukul 4.30-5 sore saja, dan gue langsung denh dikasih tanpa basa-basi.
YEAYYY AKHIRNYA VISA PAKISTAN NEMPEL DI PASPORT GUE.

Pokoknya kalau kesana lo semua harus yakin jawabannya terserah ngasal atau apa, jangan kelihatan bo'ong. tenang dan senyum saja kalo ditanya macam-macam.

kalau ada pertanya, bisa langsung kesini.



175 komentar:

  1. hahahaha aduh gue ngakak banget baca cerita lo nih jadi senyum2 sendiri di kantor habis baca. Anyways, talking about talking to si mas2 Pakistan- I felt that too! dia entah ngomong apa and it felt like dia kaya lagi ngomong sendiri ama gagang telepon.. hmm segitu sulitnya kah mendapatkan Visa ke Pakistan? gue mau nanya nih kalau cowok gue yang mau dating kesini dia pakai Visa turis apakah gue harus ke Pakistani Embassy di Jakarta untuk urus related documents yang akan dia bawa ke kedutaan dia di Islamabad? please kindly help! hikssss *calon desperate*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, srry baru bales.
      kalo orang pakistan mau kesini, setau saya mbak harus menulis invitation letter nah tuh surat undangan bakal dibawa lah sama pacar mbak ke kedutaan indonesia di islambad/kaeachi. nah biasanya ntar ada tindaklanjut, ya berungtung2-an gtu, ada yg di suruh ke kantor imigrasi (jaksel biasanya) buat ngurus apa gtu, kalo beruntung ya langsung approved visa-nya.

      oiya pihak pengundang ga perlu ke kedutaan pakistan hehe

      Hapus
  2. Bang...visa transit kolombonya bayar ga itu? Bisa on arrival apa mesti online..susah niy cari postingan ttg visa transit srilanka..
    Jawab yaa bang..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo.

      jadi di bandara di Colombo menyediakan visa transit gratis dan ga lebih dari 48 jam.

      mau transit berapa lama? klo misalnya mau agak lama bisa apply via e-visa, cepet 30USD bayarnya, 5 menit lagsung approved.

      bagaiamana?

      Hapus
  3. Salam bg :D
    Sy bingung bgt mo urus visa di Jakarta, soalnya sy domisili di Pekanbaru, rencananya sy mo ke Afghanistan, mampir dulu di Pakistan. Rutenya : Pekanbaru - Malaysia - Thailand (naek pesawat ke Pakistan) - Afghanistan. Apa bisa ya kita buat visa di Malaysia/Thailand? Trus sy gak punya teman di Pakistan/Afghanistan yg kerja (tuk persyaratan 'Surat Undangan' itu). Mohon info donk bg.. Bingung bgt! Makasih sblmnya bg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya Visa pakistan tidak bisa diperoleh dari kedutaan di negara pemegang paspor, kecuali Anda punya resident eprmit di negara tertentu, mungkin untuk kasus mas, sangat susah untuk medapatkan visa di negara tetangga karena mas domisili di indonesia, jadi mau ga mau harus apply di Jakarta. Untuk visa Afganistan mudah dieproleh di Islamabad atau Peshawar (sangat mudah malah).

      Untuk surat Undangan jika tidak memiliki Relasi di sana, bisa menggunakan jasa agen yang seperti di atas, 70 USD bayar via western Union, 1-2 hari kerja dikirim. terus lengkapi semua dokumen dan bawa ke kedutaan, pake agen juga bisa

      Hapus
  4. Kece banget nih postingnya. Banyak memberi pencerahan akan diri ini yg masih dibalut kegalutan akan visa pakistan '__'
    mau nanya mas, saya kan domisili sekarang di sumatra, terus gimana yah kalo mau ngurus visanya begitu? rencana saya mau ke pakistan bulan maret nanti. nah januari saya pulang ke jakarta, bisa ga yah saya urus visa pas januari itu?
    atau alternatifnya harus gimana yah :(
    saya sih ada teman di lahore, kayak gitunya kira2 aman deh. tapi ngurusnya ini nih yg bingung...
    mohon jawabannya yaa. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih.
      Harus di Jakarta bikinnya, bisa pke agen juga kok pas saya apply kemarin ada abang2 agen Visa juga.
      Visa valid selama 3 bulan, jadi yang aman paling cepet bikin 2 bulan sebelum rencana berangkat. semua dokumen lengkap, inshallah aman, ntar misalnya pake interview jawabnya yang tenang dan percaya diri.

      Hapus
    2. Tambahan kalau laki laki ndak masalah tapi perempuan harap lebih hati hati. Karena disanapun wanita keluar ditemani mahram. Saya sdh 2 x ke pakistan. Yakinkan tentang dimana akan tinggal. Pergi ke pakistan jangan disamakan dengan pergi ke mqlaysia singapore london dll. Ndak semua bisq bahasa inhgris. Taxi pun bahasa urdu. Apalagi kalau teflihat muka foreign akan lebih mahal harganya.

      Hapus
  5. kenapa ya visa pakistan sulit di dapat? I have been waiting for 2 month for the visa and at now I'm still waiting :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat sudah lengkap? saya kemarin hanya 5 hari kerja sejak semua dokumen lengkap dan alhmadulillah langsung jadi. Itu visa turis apa gimana? Bisa jadi karena sekarang keamanan di Pakistan lagi jadi isu utama.
      kalo ga bisa tuh telpon terus kedutaan Pakistan, kemarin saya email terus pihak kedutaan hehe

      Hapus
  6. bg.. klo visa untuk exchange aiesec gmn y bg? sama gak syarat"nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja, enaknya klo pake AIESEC ya udah ada invitation letter, dan Inshallah bakal Granted klo memang dari AIESEC. :) Mau exchange kemana? Lahore apa Karachi?

      Hapus
    2. ke Karachi bg.. siapa teman abg dsana..? kenalin doonk bg.. :D
      tpi IL.q dah dibuat sruh bkinin visa bisnis bg.. dan itu mahal .. udh aq tanya k embassy.ny kena 940rb.. blm lagi posisi aq d pekanbaru.. :'D

      Hapus
    3. oh visa bisnis klo exchange ke pakistan?
      semoga granted segera. temanku banyak anak AIESEC Karachi. boleh ntar kukenalkan. kapan berangkat? klo tinggal di jakarta bisa ketemu? mau nitip2 wkwkwkwkwkw

      Hapus
    4. follow twitter aq bg.. : @MhY__
      qta ngbrol dstu aj ntr.. :D

      Hapus
  7. Salam,
    mas...mhn sharingnya ...
    sya rencana ke karachi bln february.. sya gk ada kenalan yg bs buat srt sponsor..kenalan sya org2 desa di district Gotkhi..kmi ketemu jaman sya kuliah pas acara kebudayaan di jogja.
    sya akan cb srt sponsor lwt lost horizon trek spt mas saranin di atas..itu brapa biayanya mas yg mreka minta?
    tlg sharing gmn baiknya y...soalnya kata temen2 susah kl perempuan dn travelling sendirian utk dpt visa pakistan... :( benarkah...? Walopun sya bs lengkap aja pk dokumen srt perusahaan saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang paling aman pakai LOI yg Horizon Trek, klo ga salah 50-75 USD (bayarnya pakai western union kemarin saya dibilanginnya). Akan dikirim antara 1-3 hari kerja.

      Untuk perempuan traveling sendiri, saya sendiri kurang tau, tapi sepertinya memang tidak mudah karena selama saya di sana, tidak bertemu traveler perempuan sendiri (selalu ada temennya), tapi bukan tidak mungkin untuk dikasih visa-nya.

      Sebenarnya, LOI dari temen yang ada di distrik bisa kok, tapi ya begitu mungkin lebih banyak ditanya2innya.

      Hapus
    2. MAsssss !!
      alhamdulillah visa saya sdh keluar senin kmrn ^_^
      akhirnya sya pk srt sponsor ats nama pribadi dgn keterangan mau survey brg2 kerajinan disana utk kepentingan bisnis ..tp keteranggan globalnya tetep kunjungan relasi sih.. yg perlu disediakan adlh : rekening koran yg meyakinkan klo sya ada saving memang utk blanja disana :D
      nahhhh...sekarang...tlg sharing ttg cr tiketnya mas...
      sya cb pk skyscanner...harga termurah slalu dialihkan ke nusatrip dkk..tp keterangannya slalu "tdk tersedia" :(
      ada link yg bs bantu gk mas? utk tiket ke karachi??

      Hapus
  8. Hmm rumit juga...
    Mana pacar aku orang pakistan lg.
    Kalo untuk tinggal dalam jangka waktu lama misal nya 5 tahun.. Gitu nama ny visa apa. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehehehe.
      Kalo untuk jangka waktu lama, kalo ga salah kedutaan pakistan menyediakan Visa bagi yang menikah dengan WN pakistan, dan itu resident permit begitu, jadi bisa keluar masuk keluar masuk Pakistan *layaknya WN Sendiri*
      tapi ya dokumennya mungkin lebih banyak dibanding visa untuk turis

      Hapus
  9. Hmm rumit juga...
    Mana pacar aku orang pakistan lg.
    Kalo untuk tinggal dalam jangka waktu lama misal nya 5 tahun.. Gitu nama ny visa apa. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya menggunakan visa keluarga mbak ..
      tapi beneran ni mbak mau tinggl di pakistan ..
      coba mbak cari informasi dulu dari ibu2 wni yang berkeluarga dan tinggal dipakistan mbak .. sebelum menyesal ..
      kebetulan saya tinggal di pakistan mbak tepatnya di karachi .. dan hampir semua ibu2 wni yg nikah ma orang sini masalahnay sama yaitu kel dari suami ..

      Hapus
    2. Aku dengar isu ini juga. Makanya temen aku yg orang Pakistan move ke Perth dan sekarang tinggal Disana + maunya cari cewe Asia (gak caucasian dan gak paki or hindi)

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Hmm rumit juga...
    Mana pacar aku orang pakistan lg.
    Kalo untuk tinggal dalam jangka waktu lama misal nya 5 tahun.. Gitu nama ny visa apa. ?

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Kocak kereen bgt postingannya bikin semangat buat jalan ke pakistan btw lo akhirnya dpt LOI dr lost horizon treck apa dr temen lo sih bro. . And lo msh di depok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari temen gue, walaupun penuh dengan debar2, sebenarnya kalo ga dapat pakai LOI dr temen gue pake jasa tuh travel agent. iya masih di depok, berjuang nih di depok hehe

      Hapus
  14. MAsssss !!
    alhamdulillah visa saya sdh keluar senin kmrn ^_^
    akhirnya sya pk srt sponsor ats nama pribadi dgn keterangan mau survey brg2 kerajinan disana utk kepentingan bisnis ..tp keteranggan globalnya tetep kunjungan relasi sih.. yg perlu disediakan adlh : rekening koran yg meyakinkan klo sya ada saving memang utk blanja disana :D
    nahhhh...sekarang...tlg sharing ttg cr tiketnya mas...
    sya cb pk skyscanner...harga termurah slalu dialihkan ke nusatrip dkk..tp keterangannya slalu "tdk tersedia" :(
    ada link yg bs bantu gk mas? utk tiket ke karachi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah mas!

      kalo tujuan ke karachi mendig pake sri lankan airlines, transit di colombo, biasanya enawarkan harga yg lebih murah dibanding naik maskapai dari negara teluk. Kalo bisa, naik dr Kuala Lumpur mas, naik PIA, biasanya harganya 3juta-an one way ke Karachi dr KL.
      kalo mau lebih murah lagi dari bangkok, naik Sri Lankan airlines, baisanya 2jt-an. tinggal cari tiket jakarta-KL/Bangkok. tapi saran saya terbang dr KL aja karena penerbangan langsung dr KL dan berangkat dini hari sampe di Karachi pagi2.

      Hapus
    2. Pesawat yg murah mmg mihin langka atau bila mau connecting PIA di Malaysia. Untuk pembuatan visa mmg invitation letter dibutuhkan. Bahkan tidak segan segan pihak embassy akan menelpon pembuatan invitation letter. Invitation tsb harus dibuat di kertas segel bermeterai pakistan. Bisa dibeli di nitaris.
      Mr naveed akan melakukan wawancara ttg tujuan dsb. Tujuan dia baik karena utk menyakinkan kita akan aman disana.
      Bila sampai di pak jangan lupaapor embassy di islamabad bisa by phobe nuga
      Utk wanita pak bukan negara yg seperti malaysia singapore london dll. Usahakan pergi dengan mahran

      Hapus
    3. Pesawat yg murah mmg mihin langka atau bila mau connecting PIA di Malaysia. Untuk pembuatan visa mmg invitation letter dibutuhkan. Bahkan tidak segan segan pihak embassy akan menelpon pembuatan invitation letter. Invitation tsb harus dibuat di kertas segel bermeterai pakistan. Bisa dibeli di nitaris.
      Mr naveed akan melakukan wawancara ttg tujuan dsb. Tujuan dia baik karena utk menyakinkan kita akan aman disana.
      Bila sampai di pak jangan lupaapor embassy di islamabad bisa by phobe nuga
      Utk wanita pak bukan negara yg seperti malaysia singapore london dll. Usahakan pergi dengan mahran

      Hapus
    4. Bisa juga dari Lahore ke malaysia harga 3.5 jutaan

      Hapus
    5. Bisa juga dari Lahore ke malaysia harga 3.5 jutaan

      Hapus
    6. Maaf mbk kl at ksna cma until lbran it ngk perlu surat sponsor dark tempat kerja kan????

      Hapus
  15. hahaha asli lucu postingannya...mas kalau mau ke Islamabad apakah ada juga tiket yang murah, transit gak apa2 deh...terus rekening tabungan harus di endapkan selama berapa bulan ya minimalnya..makasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. oh iya kalau surat undangan yang bikin teman yang ada di sana formatnya gimana ya.. ? terus kalau kita gak punya tujuan bisnis alasan yang tepat kira2 apa...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.

      heheh, Emang ke Pakistan harga tiketnya hampir sama kayak terbang ke Eropa (lebih mahal malah, apalagi Islamabad soalnya disana buat pemerintahan).

      ga ada formatnya sih mbak, bikin2 aja.

      Untuk Rekening sih, seprtinya yang penting ada cashflow yg jelas, membuktikan kita punya kehidupan di sini hehehhe. kmrens aja di saldo cuman 10jut, tetapi rekening saya sehat dan cashflow ada lah

      Hapus
  17. Menarik banget infony mas. Saya okt jg rencana mau k sana. Masuk dr india. Via darat dr india. Masalahny karena sy tinggal di luar jakarta jd skrng lg mencari2 trevel agent yg bs bantu urus. Tp apakah msh perlu wawancara sendiri k sanany. Dan masalah lain sepertiny untuk masuk dr india k pakistan it lumayan sulit. Tau infony gak mas. Oh iya, rute perjalanan saya rencana india, pakistan, afganistan (tentatif), iran, iraq, turki

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa agen visa yang bisa membantu pengurusan visa, setahu saya tidak perlu datang ke kedutaan si pelamar kalau sudah pakai agen, soalnya agen2 itu ga tau bisa aja dapat visa hehehe.

      wah keren tuh mas rutenya, sangat menantang. India-Pakistan di perbatasan tidak ada masalah dan lancar2 saja, asal udah ada visa di dua negara itu, tidak masalah. Setahu saya pas saya ke pakistan (juni 2014) Perbatasan Afghanistan-Pakistan (yang resmi) ditutup untuk orang Asing, hanya bisa untuk orang2 sekitar perbatasan. (kalo mau ilegal sih harusnya bisa). Untuk perbatasan iran-Pakistan, agak "panas" karena wilayah Balochistan banyak gerakan militan, sehingga mungkin cukup ribet untuk lewat sana dan risikonya lebih tinggi, tetapi masih dibuka untuk Umum. Setahu saya sekarang WNI (Turis) tidak boleh masuk ke Iraq kecuali daerag Iraqi Kurdistan. Nanti bisa sharing ceita lah mas kalo berhasil :)

      Hapus
  18. Yupz iya mas. Iraq sya dngar skrng agak susah masuknya. Apalagi mau k perbatasan turki sdh dekat banget sama suriah. Tp tergantung situasi disana nanti. Kalaupun bisa masuk ya lanjut. Kalau gak langsung k turki dr iran. Tp pakistan afganistanny sebenarnya buat penasaran. Iran itu bisa VOA kan bro. Atau ad kdubesny di jakarta. Nah buat afganistanny yg buat ane gk yakin. Di bbrapa blog2 orng yg saya baca bilang kalau masuk afganistan dan iran itu bisa VOA. Tp kadang kenyataan gk semulus yg dibaca.

    BalasHapus
  19. Btw postingan perjalannya ad yg pakai bhs indo aj gk gan. Otak ane gk nyampe baca2 pakai bhs asing terlalu banyak. Hehehe

    BalasHapus
  20. Btw postingan perjalannya ad yg pakai bhs indo aj gk gan. Otak ane gk nyampe baca2 pakai bhs asing terlalu banyak. Hehehe

    BalasHapus
  21. Yupz iya mas. Iraq sya dngar skrng agak susah masuknya. Apalagi mau k perbatasan turki sdh dekat banget sama suriah. Tp tergantung situasi disana nanti. Kalaupun bisa masuk ya lanjut. Kalau gak langsung k turki dr iran. Tp pakistan afganistanny sebenarnya buat penasaran. Iran itu bisa VOA kan bro. Atau ad kdubesny di jakarta. Nah buat afganistanny yg buat ane gk yakin. Di bbrapa blog2 orng yg saya baca bilang kalau masuk afganistan dan iran itu bisa VOA. Tp kadang kenyataan gk semulus yg dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Gan. Iraq agak susah apalagi pemegang paspor Indonesia, bisa dicurigai anggota salah satu afiliasi yang dikategorikan Teroris di sana ntar terus bisa-bisa dicekal. ehhe

      Iran VoA kalau masuk lewat bandara internasional aja, kalo lewat perbatasan darat ga bisa VoA. Kalo rencana lewat darat harus ke kedutaannya dulu, iya ada di Jakarta. Pakai Invitation letter gtu2 kalo ga salah. Afghanistan ga bisa VoA (Buat Pemegang paspor ijo Indonesia) yang harus apply dulu di kedutaan. Mungkin bisa apply di Iran (tapi kalo masuk ke Afghan dr Iran, balik lagi muter lagi) hehe. Saya menunggu Khyber Pass (perbatasan Afghan-Pakistan) dibuka buat orang Asing pengen kesana.

      Hahahaha, Yang pake bhs inggris mah Itu Gogle transletan, cerita2 aja. Yang informasi penting selalu dalam bahasa Indonesia.

      Hapus
  22. Mempersiapkan liburan keluar negeri? Yuk kami bantu ngurus visanya... +6281912989625 (hp dan whatsapp) pin bb 5403907B
    www.bossvisa.wordpress.com

    BalasHapus
  23. infonya berguna banget. nah aku kan nih solo traveler. dengan kemampuan english pas-pas binti pas-pasan lah hahahaha... berhubung niat ke aussie batal karena duit ga mampu, kayaknya ke karachi boleh tuh jadi salah satu tujuan pengganti.. nah gini nih ada beberapa pertanyaan :
    1. kan gw dari sulawesi. berarti klo bikin visanyanya gue mesti kejakarta dong yah nungguin sampe jadi gitu?
    2. gue kan pengennya di hotel aja tuh tinggalnya. tar ada temen gue dsna yg ngejemput klo mw kemane-mane, nah kalo gitu berarti mesti lewat PTDC itu ya? hubunginnya gimana tuh?
    3. terus kira-kira budget buat cewek tegar yg nekat solo traveler nih berapaan ya?
    4. soal tiket, kira-kira bagusnya dari mana kemana transit dimana kemana hahahaha...
    5. naaaaaaaaaaaaaaaaaaaah terus kalo semua udh oke dan katanyaaa udah siap berangkaaat, mestii kemana aja tuh disana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak,
      hahahaha, tiket ke Pakistan kayaknya jauh lebih mahal dibanding ke Ozi.

      1. bisa pake agen kok mbak (bayar lebih sih buat agennya). Harusnya ada di kota2 besar yg jadi agen gtu.
      2. Ga hars di PTDC itu hotelnya, klo mau PTDC juga lebih baik karena lebih terpercaya dan berpengalaman, buka aja situsnya mbak. bakal ada list PTDC di sleuruh negara.
      3. berapa ya, di luar tiket pesawta, bikin 35-35 USD/hari lah mbak, itu udah enak banget. klo mau hemat, 10-20usd/hari bisa
      4. Bangkok atau Kolombo biasanya mbak. tapi klo maskapai timur tengah lebih murah sish bisa dicoba hehe
      5. hahahaaha, klo mau dr Karachi bisam karachi, multan, lahore, islamabad, muzzafarabad, gilgit bisa tuh mbak

      semangat mbak, saya tunggu ceritanya di pakistan

      Hapus
  24. Wow... Keren banget ini tulisan... Gue suka... Xixixi... Sekalian numpang nanya, di pakistan itu punya wilayah kashmir jugakah??? Bisa kah kesana melalui lahore???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak.
      Iya, Kashmir ada 2 wilayah, di India (yang disebut Jammu-Kashmir) sama Kashmir Pakistan (Azad Kashmir).

      Menuju Kashmir pakistan lewat Islamabad biasanya (4 jam naik bus dari Lahore) terus ganti bus di Islamabad. Lewat lahore juga bisa, ada bus langsung tapi ujung-ujungnya lewat Islamabad juga hehe

      Hapus
  25. Saya dari aceh, dan rencananya saya mau ke pakistan, kira kira gimana ya cara yang mudah untuk mendapatkan visa pakistan, saya ada kenalan di pakistan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak melissa baru bales, baru dapat Internet balik ke Jakarta hehe..

      hmm.. Kalo temannya mau bantu mengirim surat Undangan bisa kok mbak tapi ya harus bisa dipertanggungjawabkan, soalnya, Naudzubillah, kalo terjadi apa-apa pihak yang mengundang yg bertanggung jawab. Misalnya Mbak nanti pas ditanya-tanya sama pihak kedutaan bisa jawab dengan baik dan bisa membuat mereka percaya, Inshallah cepet kok mbak. Asal juga dokumen semua OK seperti yang saya tulis di atas.

      Hapus
  26. sangat memberikan gambaran...
    bisa minta kontak nya mas,, biar lebih enak ngobrol nya....

    BalasHapus
  27. saya maria dari tangerang,, ada rencana ke pakistan islamabad,, dsana ada kerabat yg mw jemput d airport,, enaknya penerbangan sy lgsung ke islamabad ato bgaimana??
    dan kalo semua biaya d tanggung sm kerabat d pakistan gmana cara nya yaa??
    lalu berapa total biaya utk terima beres nya kalo lgsg ke islamabad??
    dr visa sampai tiketnya,,,
    mohon infonya,,kalo bisa minta no kontak mas...
    Thanks,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Maria, maaf baru balas, baru dapat internet geheh

      Saya dari depok mbak, ya deket lah kita hehe...
      well, kalau memang kerabatnya mau jemput di Islamabad ya pakai penerbangan ke Islamabad saja mbak, bisa pake Thai Airways atau Pesawat yag dari timur tengah.

      misalnya kerabat mau menanggung semua, mungkin bisa dikatan di surat undangan bahwa dia yang akan menanggung semua biaya mbak (mungkin bakal ditanya kerabat apa hubungannya apa dll) dan mungkin juga (ini saya kurang tau) disuruh mengirimkan bukti keuangan dia juga, Asal memang orangnya jelas dan tujuan jelas serta dokumen lengkap Inshallah bisa dapat kok mbak.

      mungkin kalo ke Islamabad dari jakarta pesawat PP ya sekitar 700-1000USD. Untuk visa itu yang saya tulis, 628rb (semoga belum berubah, saya masih rate USD yang 11000 rupiah).

      Hapus
    2. abis backpacker an kmana lg mas,,,?? baru dpet internet??heheh
      iyahh mas,,saya sering main ke depok malah,,, ada temen kampus jg di depok,,
      oohh yaa,,, terimakasihh mas atas jawabannya,,,

      Hapus
    3. kalo ada rencana ke pakistan lg ,, kabar2i yaa mas...
      siapa tau bisa barengan ksana nya,,,heee
      saya masih rada awam ke daerah sana,,,

      Hapus
    4. hahaha abis backpacker alias pulang kampung ke Banyuwangi hehe
      oh bisa nanti klo ke depok mau nanya2 biar lebih enak langsung heheh

      wah mau abnget nih balik ke PAKISTAN lagi, ngumpulin secuil demi cuil rupiah dulu mbak, ntar kita barengan kesana (Aminn).
      Iya, pas saya berangkat juga awam, sedikit informasinya, sampai sekarang pun masih awam hehe

      Hapus
    5. oalaaahhh,,,pantesaaaan baruu dpet inet,,,

      aaamiiinn mas,, akhirnya ada temen nya ke pakistan,,,heheheh
      emg enaknya utk tanya2 tuuhh langsung mas,,
      nntii deh klo jadwal rutin aq ke depok udh ada,,aq kabarin...
      kebetulan aq lg nyusun skripsi & riset nya derah depok,,,

      Hapus
  28. Saya nabila dari lampung
    Boleh minta kontak nya dik, banyak yang mau saya tanyakan, saya mau ke pakistan karachi tapi gak tau gimana caranya urus visa .. Makasih

    BalasHapus
  29. Kalau saya harus menghubungi agen trekking pakistan untuk mendapatkan surat undangan gimana cara saya menghubungi walaupun harus bayar 75 USD gak masalah.... Terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Nabila.
      wah mau ke Karachi juga ya? jadi kangen sama Karachi,

      well, bisa kirim email ke info@losthorizontreks.com cepat kok responsenya.

      Hapus
  30. Salam...
    mas saya mau nanya, apakah kita apply visa dulu baru beli ticket nya atau beli ticketnya baru apply visa. Kl mslh sponsor In Shaa Allah ada beberapa teman sudah siap utk memberinya... saya tinggal di Medan apakah dengan via agency saya bisa mengurus visa tsb? Sekitar berapa yaa mas kl via agency? Dan boleh tahu ga ya mas PERTANYAAN pa saya yg dipertanyakan di kedutaan Pak? Biasanya kl sy ke India, pengurusan visa nya ga bgtu susah... mohon di balas yaa Mas.... salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake agen lebih mudah dan ga ribet (namanya juga agen) ya lebih mahal pastinya. Tiap agen beda-beda syaratnya, mungkin kalo mbak kenal salah satu agen bisa coba dihubungin. Kebijakan agen kadang-kadang tidak sama gtu (saya disitu merasa bingung juga). Nanti kalo sudah ada info dar Agennya bisa kabarin saya disini biar bisa saya update.

      ya yang ditanyakan di Medan kerjaan ngapain, mau ke pakistan ngapain, ketemu siapa, apa hubungannya dengan yang mau ditemuan mau ngapain aja. Simple kok mbak pertanyaannya. Iya India emang gampang banget. Soalnya mungkin karena Pakistan juga keamannya masih tidak stabil dan masih banyak serangan teroris dll sehingga memang tidak mudah, kalo cuma main2 ya mending ga usah dulu gtu kayaknya.

      Hapus
  31. Please mas aku minta no tlp nya dong agr aku bisa tanya nya lebih enk. Soalnya saya harus secepatnya membuat visa saya Mau datanguyen kerumah calon suami saya

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Please mas aku minta no tlp nya dong agr aku bisa tanya nya lebih enk. Soalnya saya harus secepatnya membuat visa saya Mau datanguyen kerumah calon suami saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa email ke saya: sprastiyo52@yahoo.co.id

      well, Suaminya sudah datang ke Indonesia kan mbak? harusnya kalo sudah lebih gampang kalo stastusnya sudah married

      Hapus
  35. Please mas aku minta no tlp nya dong agr aku bisa tanya nya lebih enk. Soalnya saya harus secepatnya membuat visa saya Mau datang kerumah calon suami saya... Please balas mas .... Terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Masih ga ngerti dan bingung gmana nihhh

    BalasHapus
  38. Mas saya punya pacar orang pakistan,,sekarang dia bekerja di malaysia.kalau dia mau ke indonesia apa2 aja yg mesti di urus nya untuk datang ke indonesia,,sekarang saya tinggal di pekanbaru,,apa saya harus buat surat undangan juga untk dia mas

    BalasHapus
  39. Mas saya punya pacar orang pakistan,,sekarang dia bekerja di malaysia.kalau dia mau ke indonesia apa2 aja yg mesti di urus nya untuk datang ke indonesia,,sekarang saya tinggal di pekanbaru,,apa saya harus buat surat undangan juga untk dia mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak misna kapan mau pergi ke pakistan..... sama sama aja yuk ngurus dokumenya

      Hapus
    2. saya kurang tau kalau Orang Pakistan yang mau ke Indonesia. Harusnya kalo ada surat Undangan bisa-bisa saja, kan banyak tuh WN Pakistan yang ke sini. :)

      Hapus
  40. Salam sejah tera...... saya mau pergi kepakistan tahun depan ..... ni tngah kumpul duwit mas...... kalau saya ada duwit tigapuluh juta cukup ngak ya mas ngurus pasport dengan visa sekali..... terimakasih atas jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 30 juta untuk iket PP paspor, visa, dan biaya hidup disana? Inshallah cukup kalo stay di sana ga 1 tahun hehehehe.

      Visa saja 600an ribu
      paspor 250rb
      tiket PP (pling mahal) 10jt.

      ya cukup kan mbak

      Hapus
    2. Alhamdulilah terimakasih balasanya mas....... mas saya tnggal di blitar.... mas ada kenalan atau agen yang bisa bantu saya ngurus semua dokumen di jakarta...... kalau ada beri tahu saya ..... terimakasih

      Hapus
    3. sama-sama mbak.
      Waduh saya kurang tau kalo masalah Agen. Setahu saya ada beberapa agen di Jakarta dan Surabaya, tapi saya tidak tau pasti. Nanti kalau ada saya kabari secepatnya mbak.

      Hapus
  41. Assalaamualaikum, mas terima kasih banyak infonya. Tahun ini aku sedang berancana pingin banget ke pakistan. ini lagi nabung dulu, terima kasih banyak untuk infonya. berguna banget. doain semoga aku bisa ke sana ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbak. semangat Nabungnya, inshallah bisa lah ke Pakistan. Nanti update ya mbak kalau sudah dapat Visa-nya biar rekan-rekan yang mau kesana juga update berita.

      Hapus
  42. Ya mas terimakasih banyak banyak..... nanti kalau ada agen tolong beritahu saya ya..... saya tunggu infonya..... sebenarnya sih bulan juni tahun depan mau pergi sana..... ini lagi ngitung ngitung gaji..... untuk persiapan ngak salah kan mas cari informasi.... tapi memang informasi mas berguna sangat buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti mbak klo dapat Agen, ini saya lagi menanyakan teman saya yg pake agen pas ke pakistan (agen jakarta tapi).

      oh tahun depan, pas Ramadhan pula. seruu mbak.!! bener banget mbak, biar ga linglung macem saya pas kesana persiapan mepet dan apa adanya.

      Hapus
  43. Ya mas.... terima kasih banyak banyak.... tapi saya memang berharap mas boleh carikan agen di jakarta nanti saya boleh pergi ke sana .... saya ini ngak ada kawan untuk carikan agen.... nasib baik saya baca entry mas.... terimakasih ya mas

    BalasHapus
  44. Hai mas, seru bgt cerita proses mau ke PK nya....
    Sekarang gak nemu harga tiket yang mas dapetin, yaiyalah karena beda tahun juga hehehe.... unruk penginapan mahal gak ya kalau disana? Saya tertarik ke Lahore dan Karachi sih...info nya yaa... thanksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Harga dollar naik terus, ga mau turun. Dulu pas saya beli 1USD masih sekitar 10-11rb, sekarang udah 14.500 aja, ya naik banget :(

      Penginapan sih yg Murah, ada murah banget sama murah aja, ya sesuai harga lah, klo yg bayar ebih ya dapatnya lebih, tetapi secara umum penginapan disana terjangkau kok, kalo tidak menginap di hotel berbintang 5 sih hehehe..

      Iya lahore sama Karachi, bagus, tapi jauh banget, naik kereta bisa 23jam, bisa cek di blog saya. smangat untuk ke Pakistan

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Thanks banget Bang updatenya... saya dpt bnyk info nih. Seru banget juga nih pengalamannya. Saya bnyk temen di Pakistan dan calon sy jg dr Islamabad, sy pengen bngt kesana tp tunggu my company lounching Okt nanti. mudah2n kita bisa ke PK bareng ya bang, biar sy ada temen dr Jkt. Email nya sdh saya save nt kita bs sharing. Ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inshalah mbak, pengen kesana lagi, boleh banget kalo ada barengan. Launching apa mbak?

      pasti mbak!!!

      Hapus
    2. jadi mau ke pakistan, tapi pgn ada temen nya

      Hapus
  47. InsyaAllah okt ini sy launchin prush perbankan.. doa'in ya..

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum, mas saya mau tanya. Nanti pd saat kita di interview di embasy, itu menggunakan english or indonesian language??
    Kebetulan saya jg mau urus2 pemberkasan wedding di kedutaan pakistan. Cm denger2 katanya rada di persulit ya oleh pihak negara Indo dan Pakist??
    Thanks for ur information, im waiting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam mbak!

      maaf baru balas. Interviewnya menggunakan Bahasa Inggris mbak (sebenarya cuma ditanya2 aja sih). kalo untuk mengurus pernikahan, mungkin berbeda mbak dibanding visa turis (pasti lebih ribet yg ngurus surat2 nikah gtu). Bukan dipersulit sih mbak, cuma lebih banyak dokumen yg dberikan, macem kartu nikah, kartu2 yg lain (lebih banyak lah dibanding sama turis aja).

      semoga bisa membantu :)

      Hapus
    2. Ikut nambahin ya.. Untuk nikah juga nanti ada interview dr pakistan embassy..surat2 utj menikah sama saja dgn syarat menikah dgn wna lainnya pastinya menikah campur lbh ribet segalanya mbak..

      Hapus
  51. Pagi,

    Rencana nya bulan desember nanti saya akan ke Pakistan untung berkunjung ke keluarga pacaran saya di Karachi.
    Saya sudah coba cari tiket dari Bangkok memang lebih murah sih karena saya cari yg roundtrip tapi dari Jakarta ke Bangkitnya itu loh. Saya rencana gak mau lama lama di bangkok. Tapi kebanyakan penerbangan dari Jakarta malah mendaratnya di Don Mueng bukan Suvarnhabumi (kalo gal salah). Ada maskapai asing taping harus transit lagi di Singapore atau Kuala Lumpur 😑 Mohon bantunnya mas cari tiket ke Bangkok nya.
    Oh ya untuk rekening tabungan itu, kebetulan saya ke Pakistan hanya modal tiket saja karena nantinya biaya hidup saya di sana akan ditanggung oleh keluarga pacar saya. Kira2 ada 10 jt di buku tabungan saya. Apa boleh kalo saya print buku tabungan saya untuk bikin visa tapi nanti setelah vis saya jadi saya gunakan uang itu untuk beli tiket? Kira2 akan ketuan gak ya?

    Terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, dari Dong Meuang ke Suvarnabhumi sekitar 1-2 jam naik bus gratis. Jadi mungkin bisa pake ide itu.
      klo yg murah ya biasanya harus transit di KL atau SIN mbak. Pake AirAsia aja langsung ke bangkok dr jakarta, sby, sama medan. atau bisa pake TIGER AIR atau Jetstar (TRANSIT di SIN) atau Malindo (transit di KL).

      hmm....
      kalo saya kemarin tabungan juga sekitar 10 juta, tetapi tiket sudah ditangan mbak. Ya jelaskan saja pas ditanya2 kalo pihak pengundang yg akan menanggung semua, dan di surat Undangan pihak mengundang juga menyatakan akan menanggung biaya hidup selama disana. Inshallah dapat Visanya.

      salam

      Hapus
  52. Wah blognya ramai nih mas banyak fans nya cewek semua lagi :D jadi,gimana kesannya ttg Pakistan? Salam kenal ya mas penulis, saya juga bersuami pakistani..semoga lain kali lebih banyak lagi foto2nya yg dishare..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbk cerli,... Wah, sulit gk mbak menikah dgn Pakistani?
      Sbb pacar saya juga dari Pakistan, ada yg bilang itu mustahil, sbb terlalu ribet.

      Bisa Add aku mbk di facebook shandeem Ashfaq Khan.
      Aku ingin kita bagi cerita

      Hapus
    2. Iya mbak cukup ribet hehe ok aku add ya..

      Hapus
    3. halo mbak cerli, apa kabar? sekarang tinggal di Pakistan apa Indonesia?

      hahaha, iya mbak foto2nya kurang banyak ya? nanti deh saya share. Kesannya? wah luar biasa mbak, pokoknya bukan jalan-jalan biasa deh hehehe.
      klo tinggal di Jakarta, bolehlah ketemu2 ngomongin pakistan hahahah

      iya mbak, banyak yang jadi "korban" cinta orang-orang pakistan nih, mungkin bisa dibantu yang sudah dipersunting orang Pakistan.
      salam

      Hapus
    4. Saya tinggal di Saudi arabia mas ke pakistan kadang2 aja ke lahore.. tapi mau dah diajak ngobrol2 pakistan kalau nanti pulang indonesia hehe..iya mas fotonya dibanyakin tulisannya udah seru loh soalnya semoga lain kali bisa keliling lbh banyak tempat di pakistan yaa..haha yg jadi Korban banyak ya mas.. Monggo aja kalau mau pada senggol2 saya paling cuma bisa share info dikit2 saya kan juga masih belajar terus hehe

      Hapus
    5. nah, Bisa tuh mbak berbagi info yang berencana menikah dengan WN Pakistan. soalnya pada tanya gitu ke saya, ya saya kurang tau soalnya saya tidak menikah dengan WN Pakistan hahahaha..

      Oalah di Lahore (jadi pengen kesana lagi) hehehe. Siap mbak, teman-teman saya pada tertarik ke Pakistan (bukan buat nikah sih) karena pemandangannya bagus saya tunjukin foto-foto saya, tapi masih pada takut ini ono itu.

      Mau banget balik lagi hehhee

      Hapus
    6. Haha mas bisa aja kayanya si mas udah bisa jadi konsultan nih ya..btw kalau cewek2 ke sana sendirian apalagi nemuin keluarga calon suami mas yg saya ga rekomen.. It could be problem in the future..akan lbh baik dan terhormat bila ditemani mahram seperti ortu atau saudara sendiri intinya jgn sendirian image nya jelek meski tetap akan disambut baik karna org pakistan selalu menghormati dan menservis tamu dgn baik..kalau mau travelling aja sih gapapa tapi ya itu harus tidak sendirian buat saya bukan masalah ga aman tapi kehormatan sebagai wanita kan lain lubuk lain ilalang jgn disamakan aktivitas wanita di negara kita dgn negara lain yg kulturnya beda :D

      Hapus
    7. wwkwkw, konsultan maen2 haha

      iya setuju banget mbak. Memang sih para cewek2 Indonesia ini emang cewek2 pemberani banget kesana niat sendiri hahaha.

      Buat teman-teman yang mau ke Pakistan mau nemuin pacar/calon Suami ya memang betul ditemanin juga. Soalnya saya denger dr Kedutaan Pakistan kenapa mereka "cukup" ribet ngeluarin Visa buat Perempuan yang tujuannya menumuin calonnya karena takut terjadi apa2 dan bisa risiko human trafficking (Naudzubillah).

      Ayo mbak, buka konsultasi khusus tips n trick sebelum para Wanita Indonesia ke pakistan buat bertemu calonnya.

      BTW, Lahore nya di mana mbak? *berasa hapal lahore*

      Hapus
  53. Assalamualaikum.. Postingan aku blm di reply. saya tunggu secepatnya reply nya ya mas bro. Thank's a lot before

    BalasHapus
  54. Gampang kok dpt visa asal komplit n interview myakinkan..

    BalasHapus
  55. Gampang kok dpt visa asal komplit n interview myakinkan..

    BalasHapus
  56. Mbak Cerli dahlia & Bang anakbaik@ Setuju jg tuh dg idenya buka konsultan.. biar bs berbagi info sblm terjd hal2 yg tdk diinginkan pd fans nya PK boys.. hehe..

    BalasHapus
  57. Bang, gilaa cerita lo menginspirasi banget. Gue pengen banget ke pakistan dari smp tapi sampe kuliah sekarang masih belum bisa. Btw gue juga anak AIESEC bang hehehe. Boleh minta whatsapp, line atau pin BBM lo ga bang? Makasih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah emang anak AISEC dimana-mana ya! heheh

      ayo pasti bisa maen kesana, pakai AIESEC lebih gampang kok!

      Hapus
  58. Salam kenal.. Saya ada rencana mau pergi kepakistan di islamabad sekedar travling holiday aja. Kalau ngurus visa gimana ya? Saya ada teman di islamabad juga. Siapa yang mau berkenalan boleh menghubungi saya ke no. +60126184370 atau fb saya Nia Kumalasari Japaar. Lebih senang bercerita. I waiting.... Wassalam

    BalasHapus
  59. Hi kak, salam kenal. Aku rencana tahun depan mau ke Karachi, Pakistan buat AIESEC. Sekarang baru mau proses buat visa. Aku udh browsing di http://dgip.gov.pk/ buat persyaratan visa, form, fee, dll. Ada banyak pilihan jenis visanya, bingung yang mana kak. Untuk AIESEC biasanya pake jenis visa yg apa kak?
    Ada kontak WA kak? Cant wait for your reply, thanks kak :))

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Mau nanya kalo mau ke pakistan tapi ga ada sponsor atau invitation tapi ada alamat atau regis hotel tempat kita menginap disana gimana?
    Atau kalo ada kenalan orang Indo tapi dianya juga bukan menetap disana semacam kaya travelling gitu jadi sponsor kita bisa gak sih?

    BalasHapus
  62. Mba aku kan domisili di serang banten mau travel n tourism ke pakistan itu kl pengurusan visanya pacar aku yg di pakistan yg apply n ngurusin ampe beres atau kita yg di indonesia?aku n pacarku ga ngerti mau ke embassy pakistan jauh
    Mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam, oiya mbak, manggil saya mas aja ya! heeh

      Kan yang mau ke Pakistan mbak Arieny kan? ya Mbak yang mengurus semua itu, dan ngurusnya di Indonesia, kedutaan pakistan yang di Indonesia.

      bisa pakai agen2 visa kok mbak kalau memang jauh dan sibuk, tapi ya gtu bayarnya lebih mahal dan sebenarnya sama aja dengan ngurus sendiri

      Hapus
  63. Anyone who wants to go to pakistan to do holiday ?i am planning to go there at the end of this year ot next year. Looking for some friends to do it together.

    Oh iya mas do u have any plan to back again?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak, maaf baru balas.

      WAH, Mau banget nih, tetapi biasa mahasiswa nih, waktunya belum pas, Pengen kesana lagiya semoga secepatnya. bisa lah keep in touch :)

      Hapus
    2. ikutan dong, boleh minta contactnya mas/mba ....

      Hapus
  64. hi salaam mas anakbaik??
    salam kenal untuk semuanya????
    saya dari bali saya mau ke afghanistan tapi saya tidak tau gimana caranya?
    tolong mas bantu saya untuk mendapatkan info membuat visa afghanistan?sudah banyak saya mencoba mendapatkan info tapi tidak ada hasil,bahkan saya send email dan call semuanya gak ada hasil,email gak di balas dan bahkan saya telpon nomer yang saya dapat tidak aktif,saya mohon bantuan anda???jika mas anakbaik punya info tentang agen please email aku ke julfia.marufi@gmail.com
    or julfiaelsa@gmail.com
    saya mohon bantuan anda mas terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.

      wah saya kurang tau kalau Visa ke Afghanistan bagaimana. Tujuan untuk wisata/bisnis/kunjungan keluarga/kerja ya?

      Untuk wisata, mengingat kondisi Afghanistan yang masih kurnag aman, mungkin lebih susah mendapatkan visa (jika aplikasi dari jakarta). Kalo bisnis/kunjungan keluarga mungkin dipermudah karena ada yg dikunjungi disana.

      nanti jika ada info saya kabarin
      terima kasih

      Hapus
  65. Saya pernah tlp salah seorang staf embasy pakistan di jkt, org pakistan asli. Lalu saya tanya mengenai persyaratan untuk nikah. Beliau menyarankan agar nikah di indonesia saja dan mengundang calon suami datang ke indonesia, dr pakistan sangat sulit untuk mendapatkan visa indonesia tp beliau menawarkan hrg visa yg lumayan wow utk visa 1 bln, kurleb 8jt. Itu hrg visa saja. Tapi temen saya menyarankan lbh baik ke hkg lalu ke indonesia, ada juga yg blg umroh dan nikah disana lbh mudah. Persyaratan gk rumit hanya keterangan status dan surat keluarga. Cuma dr hkg agen biasa nya memberi tiket setelah ada visa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak.
      wah 8juta? beneran tuh?

      Emang ga tau kenapa kalo tujuannya untuk menikah di Pakistan (buat Wanita WNI) ribet dokumennya dan memang susah sih. ya kalo bisa ke Indonesia juga gpp. Wah nikah pas Umroh bisa juga tuh mbak.

      Hapus
    2. bener 8jt kok, beliau sendiri yg ngmg.
      Mlh terkesan nguber saya biar deal, tp saya blg nikah di hkg saja.
      Msh diceramahi ini itu, akhirnya sy ganti no.
      Gak ribet kalo mau nikah di pakistan, yg ribet itu kalo nikah di indonesia (visa perantara staf kedutaan yg mahal mas). Saya punya teman yg kerja di imigrasi pakistan, jg polisi, kalo ke sana jgn menjelang muharram. Sikon gak aman soalnya biasa bentrok pd bulan" itu.
      Kalo nikah ma org pakistan pastikan sang ibu mertua 100% setuju (hidup akan terjamin)
      Dan mau tinggal dirumah camer tentunya.
      Pakistan sering mati lampu lho hehehe...
      Saudara saya sdh menetap disana 20th tp blm dpt id card. Hanya perpanjang visa tiap thn.

      Hapus
    3. bener 8jt kok, beliau sendiri yg ngmg.
      Mlh terkesan nguber saya biar deal, tp saya blg nikah di hkg saja.
      Msh diceramahi ini itu, akhirnya sy ganti no.
      Gak ribet kalo mau nikah di pakistan, yg ribet itu kalo nikah di indonesia (visa perantara staf kedutaan yg mahal mas). Saya punya teman yg kerja di imigrasi pakistan, jg polisi, kalo ke sana jgn menjelang muharram. Sikon gak aman soalnya biasa bentrok pd bulan" itu.
      Kalo nikah ma org pakistan pastikan sang ibu mertua 100% setuju (hidup akan terjamin)
      Dan mau tinggal dirumah camer tentunya.
      Pakistan sering mati lampu lho hehehe...
      Saudara saya sdh menetap disana 20th tp blm dpt id card. Hanya perpanjang visa tiap thn.

      Hapus
    4. Kemarin saya coba cari tiket pakistan dr hkg transit dubai kurleb hkd4000an, kalo transit thailand hkd5500an tp ada berita turis luneg hilang di thailand, jd takut. Tp biasanya agen tiket ngasih harga setelah ada visa (klo di hk ky gitu)

      Hapus
    5. Ngurus nikah WNI atau WNA sama warga pakistan emang susah, karna orang pakistan budayanya masih kentel. coba deh baca-baca berita tentang orang2 pakistan, terlebih bagaimana cara dia "nge-treat cewe" terlebih mereka mengenal istilah "kill a member of family just because of family honor"

      temen aku orang pakistan, tapi udah move ke OZ, dan dia ngejelasin, emang bener, ada kejadian "anggota keluarga dibunuh (biasanya cewe) karna nolak di lamar, atau karna mencoreng nama baik keluarga"

      *bukannya nakut2in*

      Hapus
  66. Bro keren banget artikelnya. Gw hampir kyk orgil baru ketawa di jalan sendirian. Btw kalo tujuannya ke peshawar gimana tuh bro? Kalo naek srilanka airlines ke karachi. Berapa lama perjalanan dari karachi k peshawar? Terus kalo gk punya sponsor org yg kita kenal di sana masih bisa gak? Gw hk punya kenalan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.

      Jakarta-Colombo=5jam
      colombo-karachi= 3 jam.

      karachi ke Peshawar ada pesawat, 2 jam. kalau jalur darat bisa 2 hari mungkin kalo ga berhenti2

      Hapus
  67. Boleh donk bro minta kontak lo? Mau Gk jadi guide Gw di sana. Bayarannya Gw traktir makan pagi siang sore, jalan 2 bareng Gw gratis. Masalahnya Gw gk tau brp ongks guide :P no kontak Gw 081290850(nolnya 3 kali)6 Gw ad Whatsapp. Hub Gw ya, plis ... nangis gue meles

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai,
      bisa kontak line saya : sukoprastiyo

      wah beneran mau ke Peshawar?

      Hapus
  68. mas, saya pingin nih bekpekeran ke pakistan.
    kalo sekarang masih ga diminta bukti booking tiket pesawat ga mas? soalnya kan sayang kalo udah beli tiket tapi gagal dpt visa... secara, jauh negaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak.

      iya memang disarankan tidak untuk membeli tiket terlebih dahulu karena visa bisa keluar cepat/lama atau malah ga keluar sama sekali. klo gtu mbak minta dummy booking (ada fee-nya kalo pesen ke travel agent, paling cuman 20rb).

      selamat jalan2 :)

      Hapus
  69. Hiii ! Asyik banget kamu bagi infonya sangat bermanfaat sekali. Saya heny insyaAllah mau ke pakistan krn ada keluarga menikah disana. Kebetulan suami walau wn australia punya id pakistan yg masih berlaku sampai tahun 2020. Yang mau saya tanyakan ribet gak urus skck dan sampe tingkat mana tuh dari (apa sampe polda?) Krn waktu saya ke australia skck nya sampe polda (ke luar negeri). Sponsor letter bisa dari suami atau keluarga yg punya gawe baiknya bgm ya pren? Amankah negara pakistan tsb pada saat dikau disana ?Kira kira dg kondisi saya spt tsb diatas mudah gak dapat visanya ? Terima kasih banyak untuk informasinya. Senang baca tulisanmu dan kenal kamu. Salam heny.

    BalasHapus
  70. Hiii ! Asyik banget kamu bagi infonya sangat bermanfaat sekali. Saya heny insyaAllah mau ke pakistan krn ada keluarga menikah disana. Kebetulan suami walau wn australia punya id pakistan yg masih berlaku sampai tahun 2020. Yang mau saya tanyakan ribet gak urus skck dan sampe tingkat mana tuh dari (apa sampe polda?) Krn waktu saya ke australia skck nya sampe polda (ke luar negeri). Sponsor letter bisa dari suami atau keluarga yg punya gawe baiknya bgm ya pren? Amankah negara pakistan tsb pada saat dikau disana ?Kira kira dg kondisi saya spt tsb diatas mudah gak dapat visanya ? Terima kasih banyak untuk informasinya. Senang baca tulisanmu dan kenal kamu. Salam heny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak heny, salam kenal juga!

      terima kasih telah membaca dan saya ikut senang juga :)

      saya kemarin ga bikin SKCK karena alasan saya sedang kuliah di luar tempat KTP saya (banyak alasan lah pokoknya). setahu saya klo SKCK cukup polres (yg setingkat kab/kota).

      wah kalo itu mah kayknya lebih gampang mbak kalo ada pihak pengundang yg jelas, bikin2 aja mbak, inshallah granted, apalagi suami punya ID PAK yg masih berlaku.

      Pakistan aman mbak, asal ga ke daerah FATA sih masih ok2 saja, dan menghindari tenpat2 yg memang agak rawna, jadi semua baik2 saja :)

      Hapus
    2. Bang kalau utk pemegang visa jepang tapi dia pemilik paspor Afghanistan ( asal Afghanistan ), gimana caranya supaya bisa datang ke Indonesia ? Masalahnya dipaspor Kali yaa. Mohon informasinya :D

      Hapus
  71. Mas..number whatshaap nya apa..
    Byak yg pgen aku tnyain
    Rencna abis idulfitri thun ini backpkcr ke pakistan..
    Tp masih bingung sma visanya..
    Mas kpn lgi mau ke pak..bareng aku aja ya...plzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba sama saya ajah ... Tapi saya masih lama.. Kirimin kontaknya mba dong

      Hapus
    2. Mau backpack ke pakistan jg?? Aku jg rencana pas idul adha. Tp aku dpt invitation letter dr sana. Bagi kontak dong biar enak chit chat nya. Tmnku cari agen katanya agak susah visa pakistan. Tp ada tuh pt.asahan jaya berkah sptnya meyakinkan

      Hapus
    3. Mbak ayu andiani jd gk k pakistan nya..kl jdi kpn..ini no whatsapp aku..kita ngobrol disana aja..
      +6287801701656

      Hapus
  72. Mas, bisakah memberi alamat agen yang bisa membuatkan visa ke Pakistan dan berapa ya kira2 harganya ?
    Saya berdomisili di Surabaya. Terimakasih

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. Mudah kok dapat visa ke pakistan asal semua persyaratan dipenuhi. Juga menjawab dengan meyakinkan saat interview dengan native pakistani di embassy. Saran saya mending urus visa sendiri walau agak ribet karena biayanya mahal menurut saya. Its a bit tricky and time consuming but its worth. Saya menikah dengan pakistani dan so far baik baik saja. Bagi WNI yg datang ke pakistan sebaiknya melaporkan diri ke KBRI di Islamabad.

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum @lailyaNaeem
    Dirimu stay di kota apa mba? Kebetulan keluarga calonku di Lahore. Barangkali bisa meet and greet kalo deket 😊

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum @lailya Naeem yg pas alasannya apa ya kak buat yg mau kesana untuk pertama kali...terimakasih

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kakak udah dapat visa ? minta email dong kak biar enak ngobrolnya

      Hapus
    2. Missyenny.ratnasari@gmail.com

      Hapus
  78. mba .. aku mau nanya ,, itu harus lancar bhs inggris yaa .. karna bhs inggris sya masih sngt minim mba .. di wawancaranya apa ga bisa pake bahasa indonesia .?
    rencana akhir tahun ini pacar saya mau ke indonesia , dan kami akan menikah di indonesia ?
    kira" apa saja yang perlu di siapkan , karena pacar saya tidak mempunyai id card ... :(

    BalasHapus
  79. Infonyaa sangat bermanfaat mas

    BalasHapus
  80. Tp saat baca komemtar trnyata bnyak WNI yg menikah dg org pakistan dan sblmx LDRan. Tmn sya d ajak nkh sama org pakistan yg lg krja di thailand sya parno banget takut tmn sya d culik ato jd korban perdagangan manusia.. mohon info dr smua.. thanks

    BalasHapus
  81. Saya bekerja di hk Dan sudah menikah. Kalau saya mau berkunjung ke Pakistan adalah bisa apply visa dari hk atau Dr Indonesia. Dulu saya bekerja di Malaysia Dan saya menjaga orang tau asal dari Pakistan. Sekarang Ida minta saya bekerja di Pakistan. Bagaimana apply visa Dan work permit. Mohan dibalas terima kasih

    BalasHapus
  82. mas,gimana si kehidupan di pakistan ya? saya dari dulu suka aja cari2 info ttg kehidupan negara2 luar hehehe. soalnya bikin penasaran aja. oo iya kalau perekonomian disana juga kayak mana ya? makasi mas hehehe

    BalasHapus
  83. mau nanya deh, gw punya temen dari pakistan, kita ketemu di bali, dan kemudian gw tertarik untuk liat negara dia, kalo pake surat dari dia boleh? dan pas di wawancara, apakah di tanya berapa lama kenal, dan embel2nya? makasih

    BalasHapus
  84. Mau nanya ini, agen travel mana yang bisa membantu membuat visa ke pakistan? Ad info gak? Dan mengurus tiket dan visa?

    BalasHapus
  85. Mau nanya ini, agen travel mana yang bisa membantu membuat visa ke pakistan? Ad info gak? Dan mengurus tiket dan visa?

    BalasHapus
  86. Bang kalau utk pemegang visa jepang tapi dia pemilik paspor Afghanistan ( asal Afghanistan ), gimana caranya supaya bisa datang ke Indonesia ? Masalahnya dipaspor Kali yaa.

    BalasHapus
  87. Numpang tanya bang,teman saya dari pakistan apply visa indonesia di KBRI karachi sejak tgl 29 agst 2016. Pihak KBRI sudah kirim permohonanya ke imigrasi indonesia.teman saya sudah beberapa kali telp ke KBRI di karachi tentang permohonannya tersebut tapi jawabannya selalu suruh menunggu karena belum ada keputusan dari Indonesia.pertanyaan saya: saya harus bertanya kemana untuk mengetahui sejauh mana proses visa teman saya karena saya sudah berusaha menghubungi imigrasi jakarta telp tdk pernah diangkat. sebelumnya Terimakasih untu infonya

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. enak bener bisa kesana pakistan impian akika banget buat dikunjungin tapi gak tau kapan nih bisa kesana

    BalasHapus
  90. Wah mas ceritanya menarik euy. kalo mau ke pakistan lagi aku join dong.. nyari barengan nih. :D

    BalasHapus
  91. baca postingan abang nih bikin keder2 piye gitu.. secara, aku pengen banget ke pakistan, faisalabad lebih tepatnya (someone special there) cuamn ga tau berapa duit yg musti kita siapin buat visa, ticket dll bang??? mohon pencerahannya... thanks

    BalasHapus
  92. GW minta no. Kontak elo B's ga, GW mau minta advisenya nih

    BalasHapus
  93. Mas Tanya donk it visa turis atau bisnis ya????

    BalasHapus
  94. Mas blh tanya...utk visa n tiket pakistan indonesia berapa ya

    BalasHapus
  95. Mas blh tanya...utk visa n tiket pakistan indonesia berapa ya

    BalasHapus
  96. pencerahan banget bang makasih hehe

    BalasHapus